Perawatan Oli Poros Motor Matic yang Rutin dan Penting

Bagi anda yang menggunakan motor matic tentunya harus mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengganti oli mesin atau oli gardan pada motor matic kami. Karena jika kita mengabaikan pergantian oli pada mesin dan gardan pada motor matic, tentunya performa motor matic kita akan menurun.

Ada juga cara mengganti oli pada motor matic kita dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli pada motor matic kita. Nah dengan melakukan pergantian secara rutin dan berkala tentunya akan membuat performa motor semakin tangguh dan handal serta mesin motor akan semakin awet.

Untuk mengganti oli gardan pada motor matic, ada beberapa rekomendasi oli gardan untuk motor matic. Salah satunya oli gardan matic dari TOP 1 yang kualitasnya bagus dan bagus untuk motor matic yang kita miliki.

Seperti yang kita ketahui oli gardan memiliki peran yang sama pentingnya dengan oli mesin. Jika oli mesin berfungsi sebagai pelumas agar komponen mesin tidak langsung bergesekan agar mesin bekerja dengan lancar. Sedangkan untuk oli gardan berfungsi untuk melindungi komponen transmisi di dalam gear box dan memastikan performa transmisi motor matic yang optimal.

Meski tugasnya hanya melumasi komponen transmisi motor matic dan tidak mengalami proses pembakaran mesin, bukan berarti dia tidak memperhatikan kualitas oli gardan motor.

Sedangkan oli gardan juga harus diganti secara berkala agar performa transmisi motor tetap terjaga dan bedanya jika oli mesin diganti setiap 2.000 km, oli gardan bisa diganti setelah menempuh jarak 6.000 km.

Perjalanan jauh akan memaksa performa mesin sepeda motor matic karena harus mengandalkan kondisi mesin CVT. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, hal tersebut juga mempengaruhi perawatan motor matic seperti mengganti oli gardan motor matic.

Memang motor matic memiliki banyak varian, baik dari Honda, Yamaha, hingga Suzuki yang menghadirkan tipe motor di atas 150 cc. Kemudian, sebagus apapun kondisi motor tetap membutuhkan perawatan yang menyeluruh, termasuk oli gardan pada motor matic kesayangan anda.

Setelah memahami pentingnya oli gardan, kapan waktu yang disarankan untuk penggantian?

Waktu Rutin Ganti Oli Gandar

Status oli sendiri sangat berbeda di setiap kondisi, salah satunya gardan. Fokus perlindungan pada bagian ini adalah CVT yang menopang perpindahan transmisi dan putaran mesin.

Selain itu, oli gardan tidak menentukan kekentalan atau kekentalan oli yang dibutuhkan. Meski begitu, oli gardan motor matic memiliki perhitungan yang cukup mudah dan tentunya lebih murah.

Biasanya kapasitas oli gardan tidak lebih dari 200 ml dan bisa diganti setiap 2 kali ganti oli mesin atau sekitar 6.000 km. Alasan utama? Karena CVT memang butuh proteksi, tapi tidak seberat mesin motor matic.

Maka tidak heran jika oli gardan pada motor matic tidak memakan banyak kapasitas oli gardan. Namun, Anda harus tetap waspada dalam menjaga kondisi motor matic tetap berjalan dengan baik.

Pilihan Oli Poros Motor Matic

Mengganti oli gardan secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk merawat motor matic. Namun, perawatan saja tidak cukup karena harus ditunjang dengan oli gardan berkualitas yang dapat memberikan perlindungan maksimal pada seluruh bagian transmisi motor matic.

Nah, untuk mengetahui apa saja pilihan oli gardan matic terbaik, silahkan simak rekomendasinya otomaniac.com pengikut.

1. Oli Gigi Matic TOP 1

Banyak perusahaan yang menyediakan oli jenis lain di berbagai lini produk, antara lain pabrikan oli dari Amerika Serikat, Jerman hingga Jepang.

TOP 1 GEAR OIL MATIC adalah salah satu produk oli gardan dari pabrikan Amerika Serikat yang berbasis di California. TOP 1 Oil telah memasarkan produknya di Indonesia selama lebih dari 40 tahun.

Ada juga berbagai teknologi yang digunakan untuk produk oli gardan tunggal ini, antara lain:

Tahan terhadap tekanan dan beban kerja yang tinggi.
Memberikan perlindungan terhadap gesekan dan keausan.
Lumasi dan bersihkan gigi transmisi.

Semua teknologi diatas menjadi bukti kualitas TOP 1 Gear Oil Matic sebagai salah satu oli gardan motor matic terbaik di Indonesia. Dari segi harga juga terjangkau dan cocok untuk berbagai jenis motor matic seperti Honda Beat, Honda PCX, Yamaha NMAX, dan masih banyak lagi.

2. Yamalube

Untuk rekomendasi oli gardan motor matic selanjutnya yamalube. Oli yang dikeluarkan oleh Yamaha ini memang memiliki kualitas yang baik untuk gardan pada motor matic. Secara teknis, oli gardan dari Yamalube ini memiliki komposisi base oil dan penambahan aditif serta memiliki komponen anti korosi dan anti busa terbaik yang berfungsi melindungi komponen transmisi dari keausan saat berkendara.

3. Kulit

Untuk rekomendasi oli gardan motor matic selanjutnya adalah Shell. Saat ini Shell memang memiliki produk oli yang bernama Shell Advance Scooter Gear Oil. Oli gardan khusus untuk sepeda motor matic ini dirancang untuk Anda yang berkendara di lalu lintas padat yang berjalan pada RPM tinggi namun pada kemacetan rendah. Penambahan teknologi pure plus technology yang terdapat pada produk ini menjadikan pelumas aktif baik pada temperatur mesin rendah maupun tinggi.

4. Motul

Motul Scooter Gear Oil adalah produk pelumas oli gardan dari Motul. Motul Scooter Gear Oil juga merupakan pelumas yang telah disesuaikan dengan standar API GL-4. Dengan kekentalan 80W-90, sangat ideal dalam menjaga performa komponen transmisi baik saat berkendara dalam keadaan diam, berakselerasi atau saat motor digerakkan secara maksimal. Selain itu, penambahan aditif dan komponen anti korosi pada produk ini dapat menjaga komponen transmisi motor matic Anda dari keausan.

5. Enduro

Pertamina Enduro juga tidak mau ketinggalan dalam hal ini, karena Enduro juga memiliki produk oli gardan dengan nama Enduro Gear Oil. Pelumas gardan ini memiliki aditif tekanan ekstrim yang terdapat pada oli transmisi yang dapat menjaga kestabilan kekentalan oli bahkan pada temperatur tinggi. Minyak tersebut juga diolah dengan menggunakan bahan bakar minyak golongan III, yaitu minyak berkualitas tinggi yang belum banyak digunakan oleh produk sejenis di pasaran.

6. Castrol

Castrol Scooter Gear Oil adalah oli gardan khusus untuk motor matic milik Castrol, oli ini menawarkan efisiensi yang tinggi dan cocok untuk digunakan pada semua jenis motor matic baik baru maupun high end. Oli ini memiliki viskositas 80W-90. Produk ini menjanjikan stabilitas gerak komponen transmisi motor Anda dan meminimalkan pergerakan sejak mesin pertama kali dihidupkan.

7. Minyak AHM

Untuk oli jenis ini memang produk dari Honda, dimana oli transmisi ini terbuat dari komposisi base oil sintetik dan komponen aditif lainnya, memberikan stabilitas oksidasi yang baik, penguapan yang minimal dan menjaga performa transmisi yang optimal baik saat distarter maupun saat distarter. mesin diajak berakselerasi. .

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat di atas, ada banyak pilihan oli gardan untuk sepeda motor matic. Kami sendiri merekomendasikan TOP 1 Oli Gear Matic karena terbukti berkualitas tinggi dan mampu memberikan perlindungan maksimal untuk transmisi motor matic dari gesekan dan keausan.

Bagi yang tertarik untuk mencoba Oli Gear Matic TOP 1 silahkan langsung beli di bengkel terdekat atau melalui e-commerce resmi TOP 1 di sini. Nah, cukup sekian informasi otomaniac.com pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi para pengguna sepeda motor matic di seluruh Indonesia.

Ganti oli? TOP 1 Hanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *