Biaya Uji Emisi Motor Mobil, Denda & Kriteria Kelulusan Uji 2021

Biaya Uji Emisi Mobil – Pemberlakuan denda tilang bagi pengguna kendaraan yang tidak lolos uji emisi, telah resmi diberlakukan oleh pemerintah dan Polri sejak 13 November 2021. Ini merupakan hal baru, tentunya setiap pengguna kendaraan wajib mampu beradaptasi.

Tidak tanggung-tanggung, jumlah denda yang diberikan juga cukup besar. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat melakukan pengecekan uji emisi agar terhindar dari sanksi. Ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk proses pengecekan.

Pertama, Anda bisa mengecek emisi kendaraan menggunakan aplikasi e-Emission Test secara gratis. Kemudian cara kedua adalah dengan pergi ke bengkel uji emisi, namun cara ini mengharuskan Anda membayar untuk uji emisi.

Besaran biaya uji emisi mobil di bengkel tentunya akan berbeda-beda sesuai dengan wilayah dan juga ketentuan bengkel. Namun Anda tidak perlu khawatir dan bertanya-tanya berapa biaya untuk uji emisi mobil.

Karena sesuai dengan judul otoflik.com yang telah disampaikan diatas. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan dan berbagi secara detail serta gambaran rinci tentang biaya uji emisi mobil serta beberapa informasi penting lainnya terkait dengan kriteria kelulusan uji emisi dan lokasi uji emisi mobil di Jakarta.

Apa itu Uji Emisi Kendaraan?

Mungkin banyak dari Anda yang sampai saat ini masih belum mengetahui apa itu uji emisi kendaraan. Oleh karena itu, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai biaya uji emisi mobil, tidak ada salahnya autoflic menjelaskan tujuan dari uji emisi kendaraan terlebih dahulu.

Secara sederhana, pengujian emisi adalah proses pengujian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui performa mesin mobil atau motor. Melalui pengujian ini nantinya kita akan mengetahui seperti apa tingkat efisiensi pembakaran pada mesin tersebut.

Jika hasilnya dinyatakan lulus uji emisi, maka kendaraan tersebut akan mampu memberikan dampak yang baik bagi lingkungan. Hanya saja perlu kita tekankan, parameter atau kriteria lolos uji emisi untuk setiap jenis kendaraan berbeda-beda.

Manfaat Uji Emisi Kendaraan

Setelah mengetahui apa itu uji emisi kendaraan, kami akan menyampaikannya. Lantas apa saja manfaat uji emisi yang bisa kita dapatkan, rasakan dan juga harapkan? Berkaca pada berbagai kasus terkait pencemaran udara dan pemanasan global yang terjadi saat ini.

Upaya melakukan pengujian atau pengecekan emisi kendaraan tentunya akan bermanfaat untuk menjaga udara sekitar dan juga meminimalisir pemanasan global yang semakin parah. Karena melalui proses ini kita bisa mengetahui berbagai hal penting, diantaranya seperti:

Kondisi injektor. Tingkat gas buang mesin. Serta sisa kadar gas buang dari knalpot.

Dalam hal emisi gas buang kendaraan, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil. Salah satunya adalah penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan yang rendah. Oleh karena itu, lebih baik untuk menekan emisi gas buang yang tinggi, selalu gunakan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi.

Denda Tiket Emisi Mobil

Seperti yang kami katakan di atas, setidaknya saat mobil digunakan tidak lolos uji emisi. Denda atau denda kemudian akan dikenakan. Pertanyaannya, berapa denda karena tidak lulus uji emisi gas buang?

Merujuk pada beberapa berita dan notifikasi yang beredar. Tiket kendaraan yang tidak lolos uji emisi dilakukan berdasarkan ketentuan UU Lalu Lintas & Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 285 dan Pasal 286.

Dimana dari undang-undang tersebut dijelaskan bahwa denda maksimal yang akan diberikan adalah:

Mobil tidak lolos uji emisi : Rp. 500.000Motor tidak lolos uji emisi : Rp. 250.000

Jika sebelumnya Anda pernah melakukan uji emisi di bengkel atau aplikasi Uji Emisi dan dinyatakan lulus. Kemudian Anda dapat menunjukkan surat lulus uji emisi saat Anda bepergian. Agar lebih mudah, sebaiknya satukan huruf dengan STNK.

Kriteria Lulus Uji Emisi

Setelah mengetahui semua hal tentang uji emisi kendaraan seperti di atas, kami sampaikan, sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai biaya uji emisi mobil sesuai topik kita kali ini.

Perlu Anda ketahui bahwa kriteria lolos uji emisi itu sendiri telah tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2008. Dimana kriteria tersebut akan dibagi menurut jenis mesin dan tahun pembuatannya.

Nah bagi para flikermania yang menggunakan mobil sebagai alat transportasi sehari-hari, berikut detail kriterianya agar bisa lolos uji emisi gas buang.

DistribusiKriteria Lulus Uji EmisiMobil bensin yang diproduksi sebelum tahun 2007 Harus memiliki kadar CO2 di bawah 3,0 persen dengan HC di bawah 700 ppm Mobil bensin yang diproduksi setelah atau tahun 2007 Harus memiliki kadar CO2 di bawah 1,5 persen dengan HC di bawah 200 ppm Mobil diesel yang diproduksi sebelum tahun 2010 dan berat di bawah 3,5 tonHarus memiliki opacity ( timbal) dari 50% mobil Diesel yang diproduksi setelah atau pada tahun 2010 & beratnya di bawah 3,5 tonHarus memiliki opasitas 40% Mobil Diesel yang diproduksi sebelum tahun 2010 dan beratnya di atas 3,5 tonHarus memiliki opasitas 60% Mobil diesel pada tahun produksi setelah atau pada tahun 2010 dan berat di atas 3,5 tonHarus memiliki opacity 50% motor 4 tak, produksi sebelum 2010CO maksimal 5,5% dan HC 2400 ppm produksi motor 2 dan 4 tak setelah 2010CO maksimal 4,5% dan HC 2.000 ppm Produksi motor 2 tak sebelum 2010CO di bawah 4,5% dan HC 12.000 ppm

Biaya Uji Emisi Mobil

Jika Anda memahami semua hal penting di atas, maka kita masuk ke pembahasan utama kita mengenai biaya uji emisi mobil. Menurut Anda berapa biaya atau biaya untuk melakukan satu kali uji emisi mobil di bengkel?.

Bagi yang penasaran, secara umum biaya yang perlu dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan biaya sewa mobil yang sebelumnya telah disampaikan oleh otoflik.com. Namun karena dilakukan di bengkel rekanan atau bengkel penyedia.

Tentu saja biaya yang harus dikeluarkan cukup bervariasi, namun kurang lebih di kisaran Rp. 200.000 ribu rupiah. Beberapa perusahaan seperti Astra dan Daihatsu bahkan membebankan biaya uji emisi mobil yang relatif lebih murah, berikut rinciannya:

Astra : Rp 150.000Daihatsu: Rp 165.000

Sebagai catatan, untuk uji emisi sepeda motor itu sendiri, biayanya sekitar setengah dari biaya uji emisi mobil di atas.

Di atas adalah tarif atau biaya yang saat ini beredar dan bisa Anda dapatkan di beberapa bengkel. Perbedaan mungkin ada karena tidak ada penetapan biaya resmi yang dikeluarkan oleh masing-masing daerah.

Lokasi Uji Emisi di Jakarta

Jika sudah mengetahui apa itu uji emisi kendaraan, biaya uji emisi mobil dan juga kriteria mobil dan motor yang lolos uji emisi. Berikut ini beberapa lokasi uji emisi kendaraan di wilayah Jakarta yang perlu Anda ketahui.

Jakarta Timur

Indobuana Autoraya Sunter (Suzuki Duren Sawit), Jalan Kolonel Sugiono Nomor 20, Duren Sawit PT Astra Int Honda Dewi Sartika, Jalan Dewi Sartika Nomor 355, CawangPT Tritala Sakti Utama Motor, Jalan Matraman Raya Nomor 63, Pal MeriamJaya CV Farama Consultant, Jalan Pahlawan Revolusi Nomor 7, RT 004/RW 005 Yamaha Pelita Motor, Jalan Jenderal Pol RS Sukamto Nomor 1A, Malaka

Jakarta Barat

PT Langitnya Motor Indonesia, Jalan Perjuangan Panjang Nomor 35, RT 001/RW 002, Kelurahan Kelapa Dua, Kios Uji Emisi Motor Auto Bless, Jalan Letjen Suprapto, Kav. Nomor 1, Desa Sumur Batu

Jakarta Selatan

Mekar Karya Pratama Yamaha, Jalan Rc Veteran Nomor 162, Bintaro Jakarta PusatPT Wahana Ritelindo, Jalan Gunung Sahari Raya Nomor 32

Jakarta Utara

Indobuana Autoraya Sunter (Suzuki Sunter), Jalan Danau Sunter Selatan, Blok O/IIIToko Asco Motor, Jalan Pegangsaan Dua Nomor 99A, RT 5/RW 2

Akhir kata

Dari penjelasan singkat yang telah disampaikan autoflik di atas mengenai biaya uji emisi mobil serta beberapa informasi penting diantaranya penjelasan tentang apa itu uji emisi, kriteria lulus uji emisi dan juga denda atau sanksi jika tidak lulus. uji emisi.

Dapat kita simpulkan bahwa setiap kendaraan yang melewati jalan raya saat ini diwajibkan memiliki emisi gas buang sesuai standar yang telah ditetapkan. Jika tidak, Anda bisa mendapatkan denda atau denda. Itu saja dan semoga bisa menjadi referensi yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *