7 Rekomendasi Oli Terbaik Untuk Mobil Xenia

Pesatnya perkembangan industri otomotif membuat produsen otomotif berpikir keras untuk membuat produk yang cocok untuk setiap konsumen. Apalagi untuk kalangan menengah.

Kehadiran pabrikan otomotif bernama Daihatsu memang memberikan warna tersendiri bagi industri otomotif tanah air. Pasalnya, pabrikan otomotif asal Jepang ini telah memproduksi banyak jenis kendaraan roda empat yang cocok untuk berkendara di jalanan tanah air.

Ya, performa mesin yang tangguh dan spesifikasi kendaraan roda empat memang menjadi salah satu daya tarik produsen kendaraan roda empat dengan nama Daihatsu. Selain itu, Daihatsu juga menawarkan produk kendaraan roda empat ini dengan harga yang lebih terjangkau dan irit bahan bakar.

Sebut saja mobil Xenia, mobil yang pertama kali diproduksi pada tahun 2004 ini memang menarik perhatian banyak orang Indonesia. Ya, selain memiliki tampilan yang mewah, mobil ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau dengan performa mesin yang tangguh dan irit bahan bakar.

Hal ini tentunya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat kita dalam memilih mobil yang satu ini. Namun spesifikasi mesin bertenaga ini tak lepas dari pemilihan jenis oli yang digunakan. Pasalnya, pemilihan oli yang tepat akan membantu mesin bekerja maksimal dan akan membuat mesin awet dan tahan lama.

Spesifikasi Mobil Xenia

Perubahan teknologi dan perubahan generasi seringkali memberikan peningkatan performa mesin mobil yang kita gunakan. Salah satunya adalah tipe mesin generasi terbaru dari Daihatsu Xenia yang diperkenalkan pada tahun 2020.

Dan seperti yang kita ketahui untuk mobil Xenia generasi pertama, Daihatsu masih menggunakan mesin 1.000 cc EJ-DE non VVT-i dan mesin K3-E 1.300 cc. Kemudian, saat facelift, kedua mesin tersebut mendapat teknologi VVT-i sehingga kodenya menjadi EJ-VE untuk 1.000 cc, dan K3-VE untuk 1.300 cc.

Pada major facelift tahun 2015, mesin 1.300 cc yang digunakan diganti dengan mesin 1NR-VE berteknologi Dual VVT-i dan mendapat tambahan mesin 1.500 cc mengusung mesin 2NR-VE. Dengan mesin ini tentunya membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda.

Dari segi mesin memang banyak ubahan yang dihadirkan pada Xenia, namun untuk perawatan sebenarnya hanya menyesuaikan dengan kekentalan oli saja. Tentu saja mesin yang hebat sekalipun tetap membutuhkan perawatan dengan oli mesin, apa fungsinya?

Fungsi Oli Mesin

Seperti yang kita ketahui bersama, fungsi oli mesin sangat penting untuk performa sebuah mesin mobil. Ya, dengan pemilihan oli yang tepat sebagai pelumas mesin, tentunya mesin akan lebih halus dari pertama kali mesin dihidupkan hingga saat kita mengemudikan mesin dari mobil itu sendiri.

Saat ini banyak sekali jenis oli mesin dari berbagai merk ternama salah satunya adalah pelumas mesin ZenZation yang merupakan produk TOP 1. Oli ini memiliki kualitas yang baik untuk performa mesin, terutama untuk mesin mobil Xenia yang berkapasitas 1.300cc.

Dengan menggunakan oli jenis ini tentunya performa mobil Xenia anda akan semakin tangguh dan mulus. Selain Oli ZenZation dari TOP 1, masih ada beberapa jenis oli mesin mobil lainnya yang sudah terkenal, berikut informasi lengkapnya.

Rekomendasi Oli Mobil Xenia

Untuk mobil Xenia memang menjadi salah satu mobil yang banyak dipilih masyarakat kita karena harganya yang lebih murah dan memiliki spesifikasi mesin yang tangguh. Tidak hanya itu, mobil Xenia memang merupakan mobil keluarga yang irit bahan bakar sehingga cocok untuk masyarakat kita.

Nah bagi anda pengguna mobil Xenia, ada beberapa jenis oli mesin yang bisa anda aplikasikan pada mobil Xenia anda. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini.

Lalu oli jenis apa yang cocok digunakan pada mobil Xenia yang sering digunakan dalam waktu lama? Berikut beberapa rekomendasi oli mobil Xenia terbaru saat ini.

1. Zenisasi TOP 1

TOP 1 adalah salah satu merek oli dari perusahaan produsen Amerika Serikat yang berbasis di California. TOP 1 Oil telah memasarkan produknya di Indonesia selama lebih dari 40 tahun.

Formula TOP 1 Zenzation dapat menjaga mesin lebih lama dan melindunginya lebih menyeluruh. Apalagi kandungan oli sintetiknya terbukti lebih awet, tidak mudah menguap, dan membuat tarikan mesin lebih nyaman.

Teknologi tersebut juga membuat kondisi mesin mobil Xenia lebih optimal, apalagi dengan aditif khusus yang mengatur perpindahan transmisi agar nyaman dan minim deposit di mesin.

Berikut ini adalah berbagai teknologi yang tersedia pada produk TOP 1 Zenization, antara lain:

Dibentengi Ester: Memberikan pengalaman perpindahan transmisi yang lebih halus sesuai dengan standar pelumas motor Jepang.
Melebihi Standar Euro 6: Menjaga dan memelihara kebersihan mesin dengan bahan aditif khusus yang mampu membersihkan, mencegah kotoran, dan membentuk endapan.
Maks TBN: Memberikan perlindungan lebih tahan lama karena memiliki kandungan sintetik yang lebih tinggi.

2. Oli Asli Daihatsu 5W-30

Untuk oli jenis ini merupakan oli mobil jenis Xenia yang dikeluarkan oleh ADM (Astra Daihatsu Motir) bekerjasama dengan Pertamina dan diawasi langsung oleh Daihatsu Jepang. Hal ini untuk memastikan kualitas Oli Daihatsu Genuine sesuai standar internasional untuk kebutuhan performa mesin mobil Daihatsu.

Dan bagi anda pemilik Daihatsu Xenia terbaru yang mesinnya berkode 1NR-VE dan 2NR-VE (Xenia 1.500 cc) dan sudah mengusung teknologi VVT-i, kami sangat menyarankan untuk menggunakan Oli Daihatsu Genuine dengan spesifikasi 5W-30. Untuk mendapatkannya, Anda bisa langsung datang ke dealer atau bengkel resmi Daihatsu.

3. TOP 1 HP Sport 5W-30

Rekomendasi oli mobil Xenia selanjutnya adalah TOP 1 HP Sport. Ya, saat ini TOP 1 memang menyediakan oli yang bisa diaplikasikan pada mesin mobil Xenia terbaru. Kandungan Extra Clean Additives pada oli ini juga akan berfungsi untuk membersihkan kerak yang mungkin terdapat di ruang mesin sekaligus mencegah kerak dari sisa pembakaran timbul kembali.

Sementara itu, oli ini juga bekerja dengan menjaga suhu mesin tetap stabil bahkan saat berkendara di kemacetan lalu lintas. Yang cukup menarik untuk mendapatkan semua kelebihan tersebut, harga oli ini cukup terjangkau yaitu untuk kemasan 1 liter dibanderol dengan harga RP 90.000.

4. Motul H-Tech 100 Plus 5W-30

Nah, oli full sintetik yang juga kami rekomendasikan untuk Xenia 1.300 cc terbaru dan Xenia 1.500 cc adalah Motul H-Terch 100 Plus dengan kekentalan 5W-30. Oli ini memiliki kandungan khusus yang bertugas membersihkan ruang mesin dan menjaga dinding dan bagian-bagian mesin agar tidak aus akibat gesekan saat mesin bekerja.

Selain itu, oli ini juga akan menjaga suhu mesin mobil tetap optimal meski dalam kondisi macet atau dikendarai dengan kecepatan tinggi. Sehingga performa mesin juga akan tetap dalam kondisi terbaik.

5. Fastron Techno 10W-40

Selanjutnya oli untuk mobil Xenia yang kami rekomendasikan adalah Faston Techno. Oli ini memang memiliki kekentalan yang cukup kental, namun oli ini merupakan tipe full sintetik yang mengandung aditif khusus untuk Pertamina.

Kandungan dalam pelumas ini akan memberikan perlindungan bagi seluruh komponen di dalam mesin bahkan sejak pertama kali mesin dihidupkan. Hal ini agar mesin tidak mengalami stress yang tinggi saat menggunakan mobil.

6. Shell Helix HX6 10W-40

Selanjutnya Shell juga menyediakan oli untuk Daihatsu Xenia dengan kekentalan 10W-40 mulai dari Helix HX6. Oli semi sintetik ini menggunakan teknologi Flexi-Molecule dan Active cleansing yang akan membentuk lapisan film yang berfungsi melindungi permukaan komponen mesin dan secara aktif membersihkan kompartemen mesin hingga celah terkecil.

7. Castrol Magnatec 10W-40

Selain beberapa jenis oli di atas, Castril Magnatec juga menjadi salah satu rekomendasi oli mobil Xenia terbaru saat ini. Jenis oli pelumas sintetik dengan kekentalan 10W-40 ini merupakan teknologi Self Healing Layer yang berfungsi membentuk lapisan pelindung dan memperbaiki diri saat Anda berkendara dalam keadaan stop and go.

Kemudian castrol magnatec juga memiliki smart molecule yang dapat menempel pada setiap komponen mesin hingga bagian terkecil. Sehingga semua komponen tersebut dapat terlindungi untuk menjaga kualitasnya saat mesin bekerja.

Kesimpulan

Dari semua rekomendasi oli mobil Xenia di atas, kami lebih merekomendasikannya TOP 1 Zenzation yang terbukti berkualitas karena mengandung oli sintetik yang terbukti lebih awet, tidak mudah menguap, dan dapat menjaga tarikan mesin mobil Xenia lebih nyaman.

Teknologi yang terdapat pada TOP 1 Zenzation merupakan teknologi terbaik yang dapat mengoptimalkan performa mesin dan perpindahan transmisi. Dengan semua teknologi tersebut, sudah sepantasnya memilih TOP 1 Zenzation sebagai oli mobil Xenia.

Tunggu apa lagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraan Anda sekarang juga. Beli langsung di bengkel terdekat atau melalui e-commerce resmi TOP 1 di sini. Ganti oli? TOP 1 Hanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *