5 Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berkedip

Banyak pengguna sepeda motor yang mengalami masalah lampu sein tidak berkedip. Tentu ada penyebab dari masalah ini. Lalu apa penyebab lampu sein motor tidak berkedip?

Ada banyak faktor yang menyebabkan lampu sein tidak berkedip. Untuk mengatasi masalah ini, perlu diketahui penyebabnya. Akan percuma jika Anda sembarangan melakukan perbaikan karena biasanya akan gagal.

Meski terlihat sepele, fungsi lampu sein sangat penting. Dimana fungsinya sebagai tanda bagi pengendara lain ketika hendak berbelok ke kanan atau ke kiri.

Lampu sein juga menjadi salah satu aksesoris berkendara yang wajib dimiliki oleh semua sepeda motor. Posisinya akan ditempatkan di bagian depan dan belakang.

Jika salah satu rusak atau tidak mau flash, bisa berisiko mengalami kecelakaan. Karena kami tidak bisa memberi tanda kepada pengendara lain sehingga pengendara di belakang atau di depan merasa bingung.

Sudah banyak kasus kecelakaan yang disebabkan oleh rusaknya lampu sein. Karena itulah kami menyarankan agar Anda segera melakukan perbaikan saat lampu sein rusak.

Cara mengatasinya cukup mudah, namun Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Nah untuk mengetahui penyebab lampu sein motor tidak berkedip silahkan simak informasinya otomotifo.com dibawah ini.

Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berkedip

1. Flasher Sinyal Belok Rusak

Untuk mengatur arus listrik pada lampu sein diperlukan alat yang disebut flasher. Terkadang alat tersebut rusak sehingga lampu sein tidak berkedip atau bahkan mati.

Kerusakan pada flasher cukup mudah. Anda hanya perlu menggantinya dengan harga yang cukup murah. Namun sebelum diganti ada baiknya dicek dulu rangkaian flashernya apakah sudah benar atau belum.

2. Tegangan Baterai Tidak Maksimum

Semua komponen kelistrikan pada kendaraan, termasuk lampu sein tergantung akunnya. Nah, baterai merupakan sumber tenaga pada sepeda motor. Jika kondisi baterai baik, biasanya akan mengalami drop tegangan.

Baterai motor harus memiliki tegangan di atas 12 Volt. Jika kurang dari itu bisa membuat lampu sein tidak berkedip. Untuk mengatasinya, cukup menyetrum baterai atau menggantinya dengan yang baru.

3. Bohlam Sinyal Belok Rusak

Ada dua jenis lampu sein. Yang pertama adalah lampu LED, dan yang kedua adalah bohlam biasa. Meski jenisnya berbeda, keduanya bisa rusak. Jika bohlam rusak, itu harus diganti.

Mengganti bohlam lampu sein tidak terlalu mahal. Bahkan saat ini sudah banyak aksesoris lampu sein yang bisa dipilih sesuai keinginan. Selain itu, jangan lupa untuk memilih lampu sein yang berkualitas agar tidak mudah rusak.

4. Kabel Rusak

Untuk menyambungkan lampu sein ke sistem kelistrikan motor harus menggunakan kabel. Jadi, jika kabel putus, lampu sein tidak akan berkedip secara otomatis.

Silahkan dicek, apakah ada kabel yang putus atau tidak. Jika ternyata ada cukup untuk dihubungkan kembali. Tapi kalau sudah parah lebih baik diganti dengan kabel baru.

5. Saklar Rusak

Cara menyalakan lampu sein adalah dengan menggeser saklar ke kiri atau ke kanan. Saklar bisa rusak sehingga lampu sein tidak berfungsi.

Penyebab kegagalan fungsi sakelar sinyal belok dapat bervariasi. Namun pada umumnya karena kabel yang putus. Selain itu, sakelar yang rusak juga bisa disebabkan oleh kotoran sehingga sakelar tidak berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Setelah mengetahui penyebab lampu sein sepeda motor tidak berkedip, maka Anda bisa memutuskan untuk melakukan perbaikan sendiri atau datang langsung ke bengkel sepeda motor terdekat. Yang terpenting, masalah ini harus segera diatasi.

Jangan sampai lampu sein rusak karena bisa membahayakan keselamatan Anda saat berkendara. Cukup sekian informasi di automotiveo.com kali ini. Lihat juga pembahasan sebelumnya tentang Syarat Bayar Pajak Motor di Samsat Drive Thru dan berbagai artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *