3 Cara Cek Motor Bermasalah atau Tidak (Motor Bodong)

Cara Cek Motor Bermasalah atau Tidak – Ingin memiliki motor untuk kebutuhan transportasi sehari-hari dan berencana membeli motor bekas karena tertarik dengan harga yang murah? Tentu saja tidak apa-apa bagi Anda untuk membeli sepeda motor bekas atau bekas.

Namun sebelum membeli motor bekas, Anda juga harus mengetahui cara mengecek motor tersebut bermasalah atau tidak. Dengan begitu Anda bisa memastikan motor bekas tersebut bukan hasil curian atau motor palsu (motor tanpa dokumen seperti BPKB & STNK).

Maraknya tindak pidana pencurian sepeda motor yang kemudian dijual dengan harga murah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tentunya akan sangat merugikan pembeli. Parahnya lagi, Anda juga bisa dituduh sebagai “kwitansi” sepeda motor curian.

Oleh karena itu, selain mengetahui cara membeli sepeda motor bekas, setidaknya mengetahui cara memeriksa sepeda motor bermasalah atau tidak dengan leasing atau keabsahan dokumen dapat meminimalkan Anda berurusan dengan hukum.

Maka dari itu sesuai dengan judul diatas kami otoflik.com akan membagikan penjelasan lengkap mengenai apa saja kerugian membeli motor palsu atau motor bermasalah dan bagaimana cara mengecek motor bermasalah atau tidak. Bagi yang ingin tahu, berikut penjelasan lengkapnya.

Kekurangan Membeli Motor Bodoh / Bermasalah

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, cukup banyak masalah yang bisa muncul saat membeli motor palsu atau motor bermasalah. Selain merugikan dari sisi finansial karena kondisi motor yang tidak jelas.

Berikut ini beberapa bahaya atau kerugian yang bisa dialami saat membeli motor bermasalah.

Kondisi motor tidak jelas, baik dari fisik, performa, suku cadang dan juga kelengkapan asli STNK atau BPKB. Besar kemungkinan motor bekas yang dibeli adalah motor curian. Berpotensi masuk penjara karena dianggap sebagai kolektor oleh polisi. Ancaman pidananya berupa pidana penjara minimal 4 tahun. Tidak akan menjadi aset produktif bila dijadikan sebagai koleksi sepeda motor. Dan itu akan sangat merugikan dari segi finansial karena sepeda motor bermasalah atau palsu sulit dipasarkan.

Cara Cek Motor Bermasalah atau Tidak

Ketika sudah paham dan tahu masalah apa saja yang bisa muncul saat membeli motor bermasalah atau curang seperti di atas, autoflik menyampaikan. Setidaknya untuk bisa meminimalisir hal-hal di atas, Anda juga harus tahu cara mengecek apakah motor bermasalah atau tidak.

Berbicara mengenai hal tersebut, untuk dapat memiliki status motor yang bermasalah atau tidak, hanya bisa dilakukan melalui USSD (Unstructured Supplementary Service Data) atau melalui aplikasi untuk mengecek motor yang bermasalah. Untuk mengetahui seperti apa detail proses pengecekan tersebut, kami jelaskan di bawah ini.

1. Cek Masalah Motor Via USSD

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengecek status motor bermasalah atau tidak yaitu dengan menggunakan layanan USSD/kombinasi kode dan angka pada menu dial/call di hp. Melalui layanan USSD ini, setidaknya Anda bisa mengetahui info tentang sepeda motor.

Tapi pastikan siapkan pulsa dan juga plat nomor motor yang akan kamu cek, berikut langkah-langkahnya.

Ambil Hp atau Smartphone anda kemudian buka menu dial atau panggil dan ketik kode *368# dan panggil untuk menampilkan menu utama. Jika Anda berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya, ketik saja 1 untuk informasi Polda Metro Jaya dan atau 2 untuk wilayah Polda Sumut.
Reply pada tampilan menu yang keluar sesuai dengan angka di depannya, untuk cek motor bermasalah atau tidak pilih nomor 1 untuk Ranmor Info.
Masukkan nomor plat sepeda motor yang bersangkutan tanpa spasi.
Detail motor sesuai nomor juga akan keluar, mulai dari merk, tipe motor, warna, tahun dan masa berlaku STNK.

Sumatera Utara : *368*117# (khusus Telkomsel)

2. Cek Masalah Motor Melalui Aplikasi

Jika cara di atas bisa dilakukan di semua tipe hp, berikut cara cek motor bermasalah atau tidak melalui aplikasi khusus untuk pengguna Smartphone (android). Untuk mengetahui detailnya, berikut langkah-langkah detailnya.

Download, install dan buka aplikasi Sakpole (area Jawa Tengah). Setelah itu silahkan pilih menu info pajak pada bagian menu dibawah ini.
Masukkan nomor kendaraan yang Anda maksud atau Anda akan membeli dan klik proses.
Rincian status kendaraan mulai dari NIK terdaftar, jenis, merek, jenis, tahun perakitan serta warna dan status pajak akan terlihat seperti di bawah ini.

3. Cek motor bermasalah via SMS

Jika Anda memilih untuk menggunakan metode SMS, berikut cara yang bisa Anda lakukan sesuai dengan wilayah Anda masing-masing.

WilayahFormat SMSJATIM NOMOR PLAT JATIM, Contoh JATIM AG4578OAQ kirim ke 7070Jaa Tengah JATENG NOMOR PLAT, Contoh JATENG AD1150OAQ, kirim ke 9600YogkartaDIY NOMOR PLAT, Contoh DIY AB6683EC, Kirim ke 99600Jakarta INFO RANMOR PLAT NOMOR 8893, Kirim SMS INFO RANMOR PLAT NOMOR RANMOR NOMOR 8893 , Contoh PAJAK BA1122AFA HITAM, kirim ke 3699NTTSAMSAT NOMOR PLAT 5 TERAKHIR 5 DIGIT NOMOR MESIN, Contoh : SAMSAT DH3607AA 12345, kirim ke 3130

Begitulah cara proses pengecekan motor bermasalah atau tidak untuk anda coba, dari hasil atau contoh diatas. Setidaknya ketika nomor lisensi sepeda motor yang tercantum menunjukkan data. Dapat dipastikan motor tersebut tidak bermasalah dan bukan merupakan hasil curian atau motor palsu.

Bahkan ketika Anda memeriksa menggunakan aplikasi, info NIK terdaftar dan status pajak hidup atau tidak terlihat. Bagaimana cara yang mudah bukan seperti yang Anda butuhkan?.

Cara Mudah Mengenali Motor Bodoh

Selain mengetahui cara cek motor bermasalah atau tidak, seperti yang kami sampaikan di atas, berikut ini beberapa tips mudah mengenali motor palsu atau motor bermasalah untuk Anda pahami.

Periksa halaman 14 BPKB dan pastikan logo hologram Korlantas terlihat jelas saat disinari sinar ultraviolet. Kalau merah, bisa jadi karena BPKB itu dicetak ulang oleh polisi atau bisa jadi BPKB palsu. Jika STNK asli, maka pada sisi kanan lembaran STNK terdapat lubang-lubang tipis yang membentuk tulisan STNK.

Akhir kata

Seperti itulah proses cara cek motor bermasalah atau tidak bisa otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini. Pastikan saat benar-benar ingin membeli motor bekas, pastikan mengetahui terlebih dahulu status motor dengan menggunakan cara di atas agar kerugian finansial dan juga produk yang dibeli dapat diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *