10 Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret & Alfamart

Di era digital ini, kita bisa dengan jelas merasakan manfaat dari berbagai kemudahannya. Salah satunya cara bayar pajak motor di Indomaret yang semakin mudah. Selain itu, ada juga pembayaran pajak yang sudah ada sebelumnya.

Jika kita biasa membayar pajak kita meskipun kita pergi ke kantor pajak dan Santalantas. Sehingga dalam beberapa tahun terakhir, pengguna kendaraan bermotor sudah bisa membayar pajak motor secara online.

Bahkan bisa dilakukan di Indomaret dan Alfamart, dua gerai ritel tersebut memang menawarkan banyak kemudahan pembayaran. Mekanisme pembayaran pajak di Retail sendiri sangat mudah.

Namun, akan ada beberapa langkah lagi yang perlu diikuti saat membayar pajak kendaraan. Ini tentu saja bisa menjadi pilihan pengganti yang menarik Bayar Pajak Lewat ATM yang juga dapat dilakukan dengan mudah.

Seperti kita ketahui bersama bahwa membayar pajak kendaraan bermotor merupakan rutinitas tahunan. Dimana untuk dapat melakukan pembayaran pajak ada beberapa syarat dan langkah yang perlu dipenuhi.

Sebelum Anda bisa mengunjungi Indomaret, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Salah satunya dengan mendaftar di aplikasi Samolnas.

Jika semua proses di aplikasi sudah selesai, maka kunjungi Indomart terdekat untuk melakukan pembayaran pajak. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengikuti beberapa langkah mudah dari OTOMANIAC pengikut.

Langkah pertama download aplikasi Samolnas.
Setelah terinstal, klik mulai dan registrasi.
Pada form yang telah disediakan silahkan isikan nomor polisi, NIK, dan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan, klik jika sudah "melanjutkan".
Sistem Aplikasi akan memproses selama beberapa menit.
Jika sudah, akan muncul informasi tentang kendaraan yang akan dibayar pajaknya, serta jumlah pajak yang harus dibayar.
Akan muncul kode pembayaran yang berlaku selama 2 jam.
Silahkan kunjungi Indomaret atau Alfamart untuk melakukan pembayaran.
Biaya administrasi Rp 5.000.
Nantinya, Anda akan mendapatkan endorsement e-TBPKB dan e-STNK yang berlaku selama 30 hari.
Anda mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker validasi STNK yang dikirimkan oleh Samsat melalui jasa ekspedisi ke alamat yang tertera di STNK.

Nantinya, setelah berhasil melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di ALFAMART, pemilik kendaraan bermotor harus menukarkan bukti pembayaran tersebut maksimal 30 hari setelah tanggal pembayaran ke Kantor Samsat di kota yang terdaftar sepeda motor. Persyaratan untuk mengambil SPT sendiri antara lain:

KTP asli yang sesuai dengan STNK beserta fotokopinya
STNK asli beserta fotocopynya
BPKB asli beserta fotokopinya
Bukti pembayaran

Jadi setelah proses pembayaran di Alfamart sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencetak STNK di Samsat. Namun juga membawa beberapa dokumen pendukung lainnya seperti KTP dan STNK asli.

catatan: Pembayaran menggunakan aplikasi Samolnas tidak dapat dilakukan lagi. Untuk proses yang lebih praktis, Otomaniac menyarankan wajib pajak untuk menggunakan e-SAMSAT.

Kabar terbaru, layanan pembayaran pajak motor di Indomaret dan Alfamart kini sudah tidak memungkinkan lagi. Ini karena aplikasi juga telah ditarik di langit-langit Google Playstore.

Pemilik kendaraan yang ingin membayar pajak secara online dapat menggunakan E-Samsat untuk saat ini. Semoga informasi singkat ini dapat memberikan informasi Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret dan Alfamart yang sayangnya untuk saat ini belum bisa dilakukan karena beberapa alasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *